Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, January 26, 2008

Civil Engineering

Gwe cuma mau sharing aja nih, mengenai apa sih dunia teknik sipil itu, ngapain aja kerja mereka, ilmu mereka itu digunain buat apa aja, apa mirip-mirip dengan pegawai negri sipil, atau justru mereka lebih ke arah pertahanan sipil (hansip). Yeee... moga2 aja, tulisan ini bisa meluruskan pengertian yang salah kaprah yang berkembang di dunia nyata, hehe.
Jujur aja, gw juga ga ngerti apa itu teknik sipil sampe akhirnya gw belajar yang namanya Mekanika Teknik yang konon merupakan dewa mata kuliah di yang namanya fakultas teknik terutama jurusan sipil. So, lets get started.. first thing first, do you reckon of how civilization influence the world?? Yeah... you must be.. Asal kalian tau, konon ilmu sipil itu ilmu tertua yang pernah ada di dunia.. (kalo anak kedokteran, mereka akan bilang ilmu mereka adalah ilmu yang tertua).. hahaha, gak jelas juga lah mana yang lebih tua.. (tua kok bangga??!!). Tapi itulah intinya, seiring dengan majunya peradaban ilmu sipil itu sendiri semakin dituntut agar bisa berkontribusi terhadap masyarakat madani. Maka muncullah teknologi ilmu bangunan, dimulai dari bangunan tempat tinggal, jembatan, waduk, kanal, saluran air kotor dan bersih termasuk irigasi di dalamnya dan lain sebagainya.

Nah, semakin maju peradaban itu maka insinyur sipil pun makin dituntut keahliannya dalam satu bidang yang spesifik. Secara garis besar, ilmu teknik sipil dibagi menjadi beberapa bagian di antaranya adalah : struktur, tanah, air, tata kota, transport, lingkungan dan manajemen konstruksi. Wuidiiih.. ini bagian asiknya. (Kayak elemen2 ying yang aja yak?? sayang gak ada jurusan api di teknik sipil). Okeh, balik lagi.. nah, ini masing2 tiap jurusan ternyata bhineka tunggal ika juga jeck.. masing2 gak bisa lepas dari yang laennya.. walaupun porsi tiap bagian disiplin akan menjadi sedikit pabila kita fokus pada disiplin satu.

Jadi, kalo bikin bangunan kayak burj al-arab, yang akan mendominasi itu orang struktur, secara produk yang dibuat amat sangat berkaitan erat dengan komponen struktur.. salah ngitung dikit.. rubuh tuh bangunan.. Tapi, pada dasarnya disiplin laen yang di sipil nggak sedikit membantunya.. malah pabila gw boleh bilang, gak ada yang laen, gak jadi tuh bangunan..

Nah kalo ilmu tanah ini, agak unik.. kalo gw boleh bilang, nih ilmu penting gak penting.. (padahal penting banget), intinya.. mekanika tanah itu bener2 gak keliatan bentuk dan kontribusinya.. kita cuma pengen tau, nih tanah sebenarnya kuat gak kalo kita kasih beban rumah, beban pondasi, dls. Berapa penurunan settlement yang terjadi selama sekian taon, berapa dalam pancang yg dibutuhin kalo kita mau mancang tiang, dan sebagainya2.. nah kan, kalo struktur aja dah gak keliatan kalo udah di cat, plester, permak dan di kasih interior segala macem.. maka tanah bener2 gak keliatan.. man behind the scene.. wakaka..

Ilmu aer, mengalir begitu saja.. wah.. yang ini sama kerennya dengan saudara2nya yg laen, termasuk di dalamnya irigasi dan aliran fluida dalam media berpori, aliran fluida dalam media tertutup, terbuka dan laen sebagainya.. Konkrit nyata teknologi aer yang paling keren adalah di negara ex-penjajah kita, dimana tuh negara berada di bawah permukaan aer laut.. mereka mencoba menyiasati hukum alam yang mengatakan aer mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.. sayangnya teknologi mereka gak bisa kita dapet (gak tau mereka yg gak mau ngasih, atao kitanya yang -kurang cerdas-), sehingga jakarta banjir mulu tiap taon..

Sim City.. civil engineer turut memberikan sumbangsihnya dalam perencanaan tata kota. Permasalahan Jakarta sendiri sungguh amat kompleks, kesalahan perkiraan para insinyur2 telah mengakibatkan Jakarta dirundung berbagai masalah. Dari masalah sampah, banjir, macet, penyalahgunaan kawasan dan bangunan. Loe bayangin aja, menurut perhitungan perkiraan kasar, jumlah pertambahan penduduk bertambah sesuai dengan deret hitung sementara pertambahan produksi bertambah sesuai deret ukur.. maksudnya kalo jumlah pertambahan penduduk itu dari taon ke taon gak linier (1 , 2 , 4 , 8 , 16 dst.) sementara pembangunan fasilitas yang seharusnya mendukung pertumbuhan penduduk itu cenderung linier (1 , 2 , 3 , 4 dst.) Nah.. para insinyur dah nyiasatin nih dengan segala rumus dan logika yang ada, tapi ternyata Jakarta lebih dari sekedar deret hitung, pertambahan penduduknya melonjak drastis dari taon ketaon.. yang tadinya di perkirakan kenaikannya sebesar sekian ternyata jadinya 2 kali sekian.. setelah dah dinaekin lagi perkiraannya, ternyata taon depannya naek lagi lebih gede, begitu seterusnya.. sehingga jadilah Jakarta seperti yang sekarang ini..

Siapa yang gak pernah naek bis? Wakaka.. katro banget tuh.. yah... ini adalah secuil lagi ilmu sipil yang ada tapi pendalaman materinya gak abis2 untuk di kaji.. mulai dari bis, angkot, taxi, kereta, kapal laut, kapal terbang, pokoknya semua moda angkutan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat, maka semuanya ada dasar filosofinya.. Transport. Mulai dari pengukuran survey tanah buat tau elevasi terus digunakan untuk pembuatan jalan, rel kereta api dan laen sebagainya sampai survey dari motor mobil becak yang berseliweran di lampu merah.. yah.. that's the fact.. Sampe akhirnya di tentukan perlu tidaknya busway di salah satu koridor jalan, semua ada dasar ilmunya..

Okeh kita masuk dalam pembahasan ilmu lingkungan.. apalagi nih, lingkungan di pelajarin.. haha.. sekarang ini setiap kegiatan yang berbau2 duit (eh sorry, berbau aktivitas maksudnya), diperlukan HSE.. Health Safety Environment.. yah.. motonya gini "Safety First".. tapi.. sebenarnya bukan hanya itu aja jeck, pembuatan AMDAL, pendesainan Water Treatment Plan, PAM dan saluran aernya.. semuanya didesain untuk kepentingan masyarakat umum.. wuidiii..

Huaaaah.. capek gw ngetik, tapi ini yang terakhir.. Manajemen Konstruksi.. Ilmu memanage tukang dan buruh serta para subkon dan kontraktor yang membandel.. hahaha.. asik nih ilmu yang satu ini, gampang2 susah.. intinya semua pekerjaan ada manajemennya.. dari masalah penjadwalan, sampe ngitung2 duit dan keekonomian suatu pekerjaan.. dari masalah logistik barang sampe dengan kualitas mutu pekerjaan.. wah semuanya dibahas mendetail lah..

Ckckck.. selesai juga akhirnya, yah.. masih banyak lagi sih yang harus dibedah mengenai ilmu teknik sipil ini.. Tapi nanti gw turunkan dalam bentuk tulisan berikutnya.. yang gw harap gaya tulisannya akan lebih dewasa dan lebih menjemukan.. hehe.. but anyway, gw sendiri gak nguasain semua ilmu tersebut, paling nggak gwe pernah ngalamin masa2 pembelajaran itu dan dengan semangat akademis, gwe ingin memberikan kontribusi gw kepada kalian2 semua.. terutama pada adek2ku sekalian.. jujur gwe sendiri berpikir salah jurusan dengan mengambil profesi sebagai insinyur sipil.. Kalo elo pikir ilmu sipil itu sekeren yang gwe terangkan, berarti gwe berhasil nge bokish.. wakakaka...

Tapi gw asik2 aja tuh ampe sekarang.. masih tetep nyaman dengan teknik sipil yang membalut jiwa dan raga ini..

No comments: