Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, January 26, 2008

Simple Purposes (a Justification for Blogging)

Gw percaya bahwa segala apa yang gw lakukan harus memiliki tujuan.. Pa bila kita sudah menentukan tujuan, maka langkah selanjutnya adalah perencanaan yang matang.. PDCA (Plan - Do - Check - Action), itu yang akan dilakukan seorang yang memiliki manajerial skill yang baik. Tapi bukan dalam kesempatan ini, penulis menerangkan tentang PDCA. Penulis justru ingin menjelaskan mengapa penulis memilih untuk menciptakan blog ini, apa tujuan yang ingin diraih, semangat apa yang ada di dalamnya, serta keinginan-keinginan besar lainnya yang diharapkan dapat terwujud dengan melakukan satu langkah kecil.. seorang bijak berkata "Karya-karya besar dimulai dengan sebuah langkah kecil".

Sempat terpikirkan oleh gw, apa gunanya membuat blog, apakah para pembuat blog itu kekurangan aktivitas pekerjaan, sehingga mereka membuat curhatan-curhatan pribadi dan cerita-cerita konyol yang menurut gw terlalu berlebihan untuk diekspose ke khalayak umum. Karena yang gw pikirkan dari sebuah blog, adalah untuk membangun relasi, terutama dalam hal bisnis.. dan dalam hal bisnis, jujur aja, gw belum memiliki klien dan platform bisnis gw juga belum terbentuk, gw belum memiliki market dan gw belum siap untuk menciptakan market tersebut. Hahaha.. tapi, seiring dengan pendewasaan yang gw alami, gw menyadari arti penting sebuah blog.

Nih gw sadur dari tulisannya wordpresstutorial.com :
Why Blog? If you blog regularly and consistently add value to your readers, you'll begin to develop a readership that likes and trust your style, perspectives, rants, thoughts and opinions. This is where you can build your platform for being the thought leader or expert in your specific field or market. With this leadership comes influence and power... use it wisely.

That's it. Dari sekian banyak alasan mengapa blog harus dibuat, menurut gw alasan yang paling bisa gw terima adalah itu. Gw belum memiliki klien yang bisa gw ajak untuk bekerjasama dengan gw, gw belum punya market, tapi.. gw melakukan guna mencapai hal tersebut dengan satu langkah kecil, dengan membuat blog gw sendiri.

So, I start from doing some SWOT analysis.. Strength, Weakness, Oportunity and Threat. Gw menyadari gw punya kemampuan mendesain engineering dalam bidang sipil dan gw mengakui bahwa kelemahan gw adalah gw belum melakukan apapun untuk meraih hal tersebut selain mengandalkan dari gajian bulanan gw, market gw juga cukup luas yang menyadari arti penting dari pendesainan rancang bangun teknik sipil dan arsitektural dan yang terakhir gw sadar bahwa tantangan kedepan cukup berat dengan munculnya tenaga-tenaga ahli yang berdaya saing tinggi.

Lah, kenapa gw membocorkan strategi gw sendiri dalam pembuatan blog ini. Bukankah itu akan menambah saingan dan menyadarkan para "arif-arif yang kolot terhadap blog"?? Gw punya alasan tersendiri, gw ingin terbuka terhadap market yang gw bangun, saling percaya dan bekerjasama. Gw ingin menanamkan nilai bahwa gw ingin berbuat terbaik untuk siapa aja. Gw ingin gw maju seperti mereka-mereka yang telah maju terlebih dahulu, tetapi gw gak ingin melihat mereka jatuh, gw ingin muncul "arif-arif baru", yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk maju bersama, membangun negri, menjadikan dunia ini menjadi lebih baik.

Jadi, gw berharap gw bisa memberikan kontribusi terhadap dunia ini. Dengan keterbukaan yang ada, gw berharap relasi dapat terbentuk dalam tempo yang cukup singkat, sampai akhirnya impian-impian besar itu terwujud. Di blog ini sendiri akan lebih banyak tulisan mengenai dunia sipil dan keajaiban-keajaibannya. Dengan cara itu proses pembelajaran akan terjadi. Proses pengakuan terhadap karya akan tercipta. Kemudian dengan curhatan-curhatan serta cerita konyol, gw rasa perlu gw tampilkan untuk menunjukan sisi humanisme gw kepada elo-elo semua.. tentunya dalam ambang batas yang gw pikir adalah pantas. Gw akan mencoba, semoga aja berhasil.

Terakhir, ini adalah yang terpenting buat diri gw, adalah gw membuat blog ini buat proses pembelajaran gw sendiri, berkarya dan menuangkan ide.. secara gw dituntut untuk membuat banyak karya tulis. Untuk bangsa ini.. untuk negri ini.. untuk dunia..

No comments: