Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Thursday, June 12, 2008

Rig

Berbicara mengenai dunia minyak dan gas bumi, gak terlepas dari barang yang satu ini. We call it, RIG. Rig merupakan alat Bantu buat mengebor/nge drill lapisan bumi hingga mencapai lapisan pada kedalaman tertentu yang kita sebut reservoir.

Sejauh mana RIG bisa membantu? Hmm.. gw juga masih belajar nih.

1. Crown block, karena berada diatas maka disebut mahkota, fungsinya sendiri sebagai bagian dari rig untuk katrol dari drilling line.
2. Cat line boom dan hoist line (hmm.. gw sendiri lupa barangnya yg mana yah.. wkwkwk). Tapi klo menurut manual fungsinya buat material lifting.
3. Drilling line, kumparan besi mirip kayak tambang, gunanya buat ngedrill, buat narik ulur drill pipe kurang lebihnya.
4. Monkey board (cuma monyet yg boleh naek ke sini.. hehe). Tempat rekan kerja kita-kita buat ngebantu ngeposisiin drill pipe di atas situ.
5. Travelling Block, katrol keduanya si rig, bedanya dengan crown block, nih barang bisa travel ke atas bawah.. ngeposisi-in barangnya sendiri.
6. Top Drive, menurut manualnya buat nge rotate drill string tanpa bantuan kelly atau rotary table. (perasaan dalam hati gw, gw gak pernah ngeliat barang ini muter)
7. Mast, buat ereksi si rig (hmm.. gw bingung apa viagra sama manjurnya ama nih barang?? BLOON Mode : ON).
8. Drill pipe, gak usah dijelasin lebih lanjut.. gw rasa udah pada tau gunanya.
9. Dog house, cuma anjing yang boleh masuk sini.. hehe, fungsinya buat ngadem klo gw lagi bosen di floor. (walaupun jelas lebih nyaman di portacamp yang ber-AC)
10. Blow Out Preventer, nih barang pas waktu gw di ajarin seakan barang dewa banget, fungsinya mencegah blow out (minyak nyembur ke atas.. klo nyembur, udah boros, bahaya pula). Mekanisme kerjanya sendiri lagi gw pelajari.
11. Water tank, tempat nyimpen aer
12. Electric cable tray, jalur kabel harap lewat sini
13. Engine Generator Set. Gak mungkin rig bisa operasi tanpa bantuan listrik kan? Klo bisa nyolong lewat kabel PLN, mungkin harga BBM bisa turun kali yak?
14. Fuel tank, buat nyimpen solar/BBM nya Gen Set
15. Electric house, cuma digunain klo pakek diesel engine gen set
16. Mud pump. Pompanya lumpur, gw bingung kenapa lumpur minyak itu mahal-mahal.. toh padahal itu kan cuma sekedar lumpur yak?
17. Bulk mud storage, tanki buat nyimpen lumpur
18. Mud pits, semacam kompartemen buat ngolah si lumpur, yang kemudian lumpur ini berguna untuk melawan tekanan formasi sumur. Klo gak ada lumpur ini, tekanan sumur gak bisa terkontrol walhasil membahayakan rig itu sendiri.
19. Reserve pits, hmm.. gw lebih familiar dengan kata “balong”.. klo gw baca manualnya mungkin itu maksudnya. Fungsinya buat buangan sekaligus cadangan air.. bentuknya sendiri mirip kayak balong, danau kecil.
20. Mud gas separator, buat separasi gas dari lumpur yang ada
21. Shale shaker, lumpur yang udah masuk ke sumur itu mengalami sirkulasi, saat masuk, lumpur tersebut bercampur dengan shale (tanah formasi), yang kemudian diangkat ke permukaan.. nah nih shale shaker fungsinya misahin mud (lumpur) ini dengan shale itu.. yang kemudian mud itu bisa di gunain kembali kedalam sirkulasi.
22. Choke manifold, rangkaian valve dan pipa yang gunanya ngatur tekanan formasi.
23. Pipe ramp, alat bantu buat ngangkut nurunin drill pipe.. semacam tempat persinggahan/transit dari rig ke pipe rack.
24. Pipe rack, disini drill pipe dan casing-casingnya di taro.. intinya rak nya si pipa lah..
25. Accumulator, menurut manual, fungsinya untuk operasi si BOP (Blow Out Preventer)

Selaen yang disebutin gw di atas, masih banyak lagi komponen rig.. kurang lebihnya itu lah.. nice to know ajaa.. but anyway, it’s worthed.. selama dunia masih ketergantungan dengan energi minyak, prospek dunia minyak ini memang masih sangat amat bisa berkembang. Siapa tau, kelak rig itu cuma seukuran kijang innova.. who knows??

Referensi : http://www.osha.gov/SLTC/etools/oilandgas/illustrated_glossary.html


No comments: