Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Thursday, July 2, 2009

10 Nilai Progressive

Makan malem hari ini bareng si yodhi lagi.. Kali ini gw dapet jatah nasi kotak meeting siang, so.. dengan alesan penghematan, gw makan malem pake sisaan nasi kotak siang, sementara siang tadi gw makan di kondangan tetangga belakang rumah..
Seperti biasa, abis makan, gw ngerampas koran kompas empunya yang punya rumah.. secara die langganan, dan gw kagak. Beberapa bacaan menarik terpampang di situ, en salah satunya ada bacaan mengenai "Manusia Indonesia". Hmm.. Gw baca sepintas, dan gw menemukan kalo gw ga terlalu tertarik akan ide pandangan si penulis tentang bangsa yang berada di ujung asia tenggara ini. Yang membuat gw tertarik adalah teori bahwa bangsa maju harus memiliki 10 nilai utama, diantaranya :
1. Nilai orientasi akan waktu, a.k.a. disiplin
2. Kerja
3. Hemat
4. Pendidikan
5. Manfaat
6. Komunitas
7. Kode etik
8. Keadilan dan kejujuran
9. Egaliter
10. Sekularisme (gw ga sepakat ama yang ini, hehe)
Hmm.. gw harus nyari bacaan Islami laen yang mungkin bisa lebih menjelaskan nilai-nilai yang pastinya lebih lengkap daripada nilai-nilai yang ditulis di atas..

No comments: